STISNU

STISNU Tangerang – Rihlah Alatas Wisata Jalin Kerjasama Buka Peluang Mahasiswa Jadi Pebisnis Travel Haji Umroh

Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Nusantara Tangerang menjalin kesepakatan kerjasama dengan PT. Rihlah Alatas Wisata, Sabtu (24/2/2024). Nota kesepahaman itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang kemudian ditandatangani dan disaksikan para saksi dari masing-masing pihak.

Rihlah Alatas Wisata merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang Travel Haji dan Umroh. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2000 dengan menyediakan jasa pelayanan yang beragama, seperti umrah, haji khusus, haji furoda, tour domestik dan internasional, tiket domestik dan internasional. Atas semua dedikasi dan pelayanannya selama ini kepada masyarakat, Rihlah Alatas Wisata memperoleh Akreditasi A dari Kementeriaan Agama Republik Indonesia.

Momen kesepakatan kerjasama antara STISNU Tangerang dengan PT. Rihlah Alatas Wisata di atas dikemas dalam kegiatan “SEKOLAH BISNIS; Manajemen Haji dan Umroh” yang dihadiri 70 peserta dari mahasiswa. Mula-mula mereka sengaja disiapkan menjadi agen Rihlah Alatas Wisata. Dan dalam waktu panjang nanti, mereka disiapkan menjadi pebisnis dan pemilik perusahaan dalam bidang travel haji dan umroh.

SEKOLAH BISNIS yang diselenggarakan di Aula Utama Syaikh Hasyim Asy’ary dibuka oleh Ketua STISNU Tangerang, Dr. H. Muhamad Qustulani, M.Hum., dan kemudian dilanjutkan penyampaian materi haji dan umroh sebanyak tiga sesi oleh para narasumber dari Rihlah Alatas Wisata. Semua materi yang disampaikan akan menjadi bahan dan bekal mahasiwa untuk disampaikan kepada calon jama’ah haji dan umroh. Adapun keynote speaker dalam kegiatan tersebut disampaikan langsung oleh Direktut Utama Rihlah Alatas Wisata, Hj. Hajer Kachour.

Dalam pemaparannya, Hj. Hajer Kachour menganpresiasi kerjasama yang terjalin antara STISNU Tangerang dengan perusahaan yang dipimpinnya. Dia mengaku sangat senang dan berharap kerjasama ini bisa berjalan dengan baik. Dalam penyampaiannya, perempuan yang mengenakan busana serba hitam itu memastikan, bahwa bisnis haji dan umroh adalah bisnis paling menjanjikan sepanjag masa. “Bisnis haji dan umroh adalah bisnis sepanjang masa,” ujarnya.

Tentu saja, pernyataan Hj. Hajer Kachour itu bukan tanpa dasar. Menurut dia, dalam setiap tahunnya jama’ah haji dan umroh berangkat ke tanah suci bisa mencapai kurang lebih dari 1,2 juta jama’ah. Sementara itu data yang diperoleh tim media  STISNU dari Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (AMPHURI), mencatat untuk jama’ah umroh di tahun 2018-2019 berjumlah 974.650 jama’ah. Jumlah ini, menurut keterangan AMPHURI mengalami penurunan sebayak 3,10 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai satu juta jama’ah.

Karena itu, kata Ketua STISNU Tangerang, kesempatan bisa menjalin kerjasama dengan PT. Rihlah Alatas Wisata harus dimanfaatkan oleh para mahasiswa dengan sebaik-baiknya. “Ini peluang yang berharga. Kalian harus memanfaatkannya. Siapa tau kalian yang saat ini menjadi agen travel haji dan umroh untuk Rihlah Alatas Wisata di kemudian hari menjadi pemilik perusahaan travel haji dan umroh. Kalian bisa jadi pebisnis yang sukses,” katanya memberi optimisme bagi mahasiwa yang hadir.

SEKOLAH BISNIS; Manajemen Haji dan Umroh dibagi kedalam tiga sesi. Masing-masing sesi diisi narasumber yang kompeten sesuai tema yang disampaikan. Sesi pertama disampaikan Muhammad Sakti, SH., dan Ust. Romdhoni dengan tema “Company Profile Rihlah Alatas Wisata” yang dipandu Ecep Ishak Fariduddin, MA. Sesi kedua bertema “Eticketing, Paspor, Visa dan Tour Leader” disampaikan H. Dodie dan dipandu Dul Jalil, M.Ag. Dan sesi terakhir disampaikan H. Sopiannur, S.Pd.I., dengan tema “Rute Perjalanan Umroh dan Haji” yang dipandu Asrori, MA.

Kegiatan SEKOLAH BISNIS; Manajemen Haji dan Umroh berjalan lancar sesuai harapan. Para peserta dari mahasiwa STISNU Tangerang mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Semua peserta tertarik untuk menjadi agen, mencari jama’ah agar bisa bergabung menggunakan jasa haji dan umroh di Rihlah Alatas Wisata. Mereka bersemangat menjadi mitra dan bagian dari Rihlah Alatas Wisata, apalagi Direktur Utama Rihlah Alatas Wisata menjanjikan akan merekrut 2 mahasiswa terbaik selama menjadi mitra kerja untuk mejadi karyawan tetap. Ini peluang emas. Menjadi pebisnis travel haji dan umroh terbuka lebar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.