Pengabdian Masyarakat PTKI Harus Simultan

Diposting pada

Malang, STISNU News

Pelaksanaan The 3rd International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE) 2018 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang  berakhir pada 10 Oktober 2018, dan ditutup langsung oleh Rektor UIN Malang Dr. H. Abd Haris, M. Ag. Sebelum ditutup secara resmi oleh rektor, disampaikan beberapa rekomendasi yang sampaikan oleh Ketua Steering Commitee (SC) Marzuki Wahid.

“Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademika (dosen dan mahasiswa) perlu dilakukan secara kreatif dan inovatif dengan tetap berorientasi pada transformasi sosial yang berkeadilan dan bermartabat; pengabdian kepada masyarakat bukan kegiatan percobaan dengan melibatkan masyarakat sebagai kelinci percobaan,” terang Marzuki saat memberikan sambutan penutupan acara, Rabu (10/10) di Rektorat Lt. 5 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Menurutnya, pengabdian kepada masyarakat harus ditempatkan dalam grand design tanggung jawab sosial perguruan tinggi yang berkelanjutan dan simultan. Pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang sungguh-sungguh berorientasi pada transformasi sosial yang berkeadilan dan bermartabat. Pengabdian kepada masyarakat perlu dimulai dari sesuatu yang kecil dan dari bawah, yang digeluti masyarakat sehari-hari.

Sementara itu, sebelum menutup seluruh rangkaian kegiatan ICON-UCE 2018, Rektor UIN Malang menyampaikan tentang  bahwa “Kegiatan ICON-UCE sangat penting bagi perguruan tinggi, di mana perguruan tinggi memiliki tiga wajah dengan satu kepala, satu sisi mengandung wajah pendidikan, kedua mengandung penelitian, ketiga intinya adalah mengandung pengabdian masyarakat.

Tanpa pengabdian, pendidikan dan penelitian menjadi tidak memiliki arti. Terlebih untuk bangsa dan negara. Tujuan adanya penelitian dan pendidikan, tidak lepas dari fungsi perguruan tinggi untuk mengabdikan diri di tengah masyarakat”.

Berikut ini kami sampaikan materi Plenary Session pada ICON-UCE 2018 di UIN Malang

http://lp2m.uin-malang.ac.id/kumpulan-materi-plenary-session-the-3rd-icon-uce-2018/

Gambar Gravatar
Lector of STISNU Nusantara Tangerang and

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.